Anda bisa terkoneksi ke FB,FR etc dgn menggunakan alamat email ini.

geloraelektronik@gmail.com atau geloraelektronik2@gmail.com juga:Facebook:Gelora elektronik kursus.
Bisa ke sumber lain yg merangkum informasi elektronika:http://ee-smart.blogspot.com.
Zainalelektronik.blokspot.com,
Digitalmas.blokspot.com,
Aysi.blokspot.com..lihat saja daftarnya di ee-smart.
Utk gelora sendiri bisa dicari di:
http://geloraelektronik.blogspot.com/wordpers.com.
P helo gelora.blokspot.com

Jumat, 29 Januari 2010

SMPS VERSUS ACMATIK ?

Yang dimaksud judul adalah catu daya smps.SWITCHING MODE POWER SUPLAY yg sangat salah bila disebut AC matik.Istilah ini adalah istilah yg pertama kali didengungkan oleh produk TV hitam putih National yg kemudian berubah nama menjadi PANASONIK.
Istilah AC= Sumber daya pln dgn arus bolak balik
Matik= otomatis tanpa memakai saklar pemilih tegangan input...jadi bisa 110v----220V.Padahal tidak setiap catudaya smps selalu ACMATIK.... karena masih ada model lama yg memakai saklar pemilih tegangan.Polytron ....computer.....dan perlu diketahui didunia tidak semuanya memakai tegangan 220v.AC...banyak negara yg berbeda frekwensi dan tegangan.Misal 60Hz.100V atau 127V.
Jadi sangat salah kalau kita menyebut smps dgn acmatik ..itu suatu dasar yg sangat berbeda yg sering terjadi pada istilah2 motor=honda...pompa air=sanyo...pasta gigi=odol/pepsodent dll.Jadi sangat beda antara Jenis barang dgn merk barang.

smps adalah jenis catu daya NON CONVENTIONAL...sedangkan acmatik adalah model catu daya yg tidak menggunakan saklar pemilih tegangan masuk.JELASKHAN?

4 komentar:

Unknown mengatakan...

salam kenal pak mau nanya nih apa bedannya istilah ac matic dengan autovolt sebab ada beberapa montir mengatakan .dan apa pula bedanya istilah trafo switching dengan trafo daya mohon penjelasannya trima kasih

Gelora elektronik mengatakan...

acmatik sama pengertiannya dgn autovolt tetapi dalam batasan tertentu(pln 110-220v).Bisa juga auto input dll.Trafo smps /choper bekerja dgn inti besi frekwensi tinggi sedangkan trafo daya bekerja pada frekwensi rendah dgn inti plat besi.Trafo daya juga punya pengertiaan ganda...trafo step up/down 110 ke 220v atau sebaliknya dgn beban AC.Bisa juga sebagai trafo step down yg berkelanjutan sebagai sumber daya pada suatu beban dc

Anonim mengatakan...

pak,mau tanya.gimana sih cara mengetahui tegangan zener.kalau rusak kan bingung,ini zener berapa volt.tx

Gelora elektronik mengatakan...

Tegangan zener dapat dilihat didatasheet berdasarkan kode yg tercantum.misa:1N4744 atau type lain R2M..tetapi bisa juga kita buat alat test dioda zener ..tentu saja dgn bantuan multimeter digital utk mengukur tegangannya.skema ada dirumah saya.biaya tdk sampai 25ribu.